Wali Kota Danny Pomanto menekan nota kesepahaman dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan, di Hotel Clarion, Selasa (12/12/2017). Pemkot memberikan perlindungan BPJS TK untuk pegawai non-ASN.



MAKASSAR-RONG - Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan pihak Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, di Hotel Clarion, Selasa (12/12/2017).


Kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan pemerintah kota di Indonesia terkait pemberian perlindungan kerja kepada non-aparatur sipil negara (ASN). Pemkot Makassar mengkover 6.000 ketua RT/RW di Kota Makassar dengan BPJS TK.


Danny --sapaan akrab wali kota berlatar arsitek ini, terbukti sangat memperhatikan seluruh lapisan masyarakat di Kota Makassar. Katanya, BPJS TK disamping BPJS Kesehatan ini sangat penting dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali. 


"Kita memberi contoh. Sebelum RT/RW menuntut, kami sudah penuhi. BPJS TK ini sangat dibutuhkan untuk perlindungan pegawai non-ASN. Kami sangat konsen untuk memperhatikan keselamatan mereka dalam menjalankan tugas," ucapnya.




Kata Danny, sebelumnya ketua RT/RW sama sekali tidak memiliki naungan perlindungan dari pemerintah Kota. Hal ini dilakukan sesuai tagline kota Makassar yakni dua kali tambah baik. 


"Ini diluar dari intensif yah. Jangan sampai ada yang bilang intensifnya yang dipotong untuk BPJS TK. Kami tidak piti kana-kanai janji ini dan itu. Ini betul komitmen yang tidak menjanji, tapi langsung memberi bukti," ungkapnya.


Untuk jaminan perlindungannya sendiri ada dua macam yakni jaminan kecelakaan dan jaminan kematian yang nilai preminya sebesar Rp 16.800 per bulan untuk satu orang. 


Pemberian perlindungan ini akan terus belanjut menyasar semua unsur-unsur informal yang tidak masuk dalam perangkat birokrasi seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan penasehat wali kota –calon ketua RT/RW yang tidak terpilih. (*)


#KecamatanPanakkukang

#MakassarDuaKaliTambahBaik

#MakassarTidakRantasa

#Sombere

#SmartCity

#JanganBiarkanMakassarMundurLagi

#TheShineOfPanakkukang


Penulis : Infomakassarrong