Bapenda Provinsi Sulsel menyosialiasikan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Gedung STIEM Al Gazali Barru, Kamis (8/11/2018).

BARRU, INFORONG - Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel Masbit Taufiek menyosialiasikan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Gedung STIEM Al Gazali Barru, Kamis (8/11/2018).


Kegiatan itu juga sosialisasi visi Sulsel baru di bawah kepemimpinan Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Adalah Sulawesi Selatan yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif, dan berkarakter.


Masbit menyosialisasikan visi tersebut saat membuka dan membawakan sosialisasi pajak daerah yang digelar tersebut.


Selain dihadiri kepala bidang, sosialisasi pajak UPT Pendapatan Wilayah Barru ini juga dihadiri Kepala UPT Pendapatan Wilayah Barru Yustiaty Yusuf MSi, petugas kepolisian, dan Jasa Raharja Barru.


Sosialisasi ini dihadiri diler, pemilik showroom, asosiasi pengurus kendaraan, mahasiswa, PNS, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum.


Katanya, pajak adalah kontribusi wajib seseorang atau badan hukum kepada negara yang bersifat memaksa. Karena memaksa, pajak harus dibayarkan setiap tahun.


Ia menjelaskan, pajak yang dikelola Provinsi Sulsel berbeda dengan pajak yang dikelola kabupaten/kota. Pajak yang dikelola provinsi adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan, dan Pajak Rokok.


Sementara pajak yang dikelola kabupaten/kota adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung wallet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan..(*)



Penulis : Infomakassarrong