Kepala Bapenda Tautoto TR membuka dan membawakan materi pada sosialisasi pajak daerah di Hotel Grand Town Makassar, Kamis (1/11/2018).

MAKASSAR, INFORONG - Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel Tautoto TR membuka dan membawakan materi pada sosialisasi pajak daerah di Hotel Grand Town Makassar, Kamis (1/11/2018). Sosialisasi ini dihadiri Anggota DPRD Sulsel dari Komisi C Alex Palinggi.


Dikutip dari rilis humas Bapenda Sulsel, Toto --sapaan kepala Bapenda, juga menyosialiasikan Visi Sulsel Baru di bawah kepemimpinan Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. 


Selain dihadiri kepala bapenda, sosialisasi pajak UPT Pendapatan Wilayah Makassar II ini juga dihadiri Kepala UPT  Pendapatan Wilayah Makassar II Utara Nurlina dan Pamin II Makassar Iptu Muh Ali. Perwakilan Jasa Raharja juga hadir di sosialisasi tersebut.


Hadir juga peserta sosialisasi yakni para diler, pemilik showroom, asosiasi pengurus kendaraan, mahasiswa, PNS, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum.


Menurut Toto, pajak adalah kontribusi wajib seseorang atau badan hukum kepada negara yang bersifat memaksa. Karena memaksa, pajak harus dibayarkan jika tidak penunggak pajak akan dikenakan denda.


Ia menjelaskan, pajak yang dikelola Provinsi Sulsel berbeda dengan pajak yang dikelola kabupaten/kota. Pajak yang dikelola provinsi adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan, dan Pajak Rokok.


Sementara pajak yang dikelola kabupaten/kota adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.


Sementara Alex Palinggi mendukung langkah Bapenda Sulsel yang aktif turun ke jalan menjemput pembayaran pajak kendaraan masyarakat.(*)



Penulis : Infomakassarrong