Samsat Sudiang menggelar operasi penertiban pajak kendaraan di Jalan Nusantara Makassar tepatnya di depan Pelabuhan Makassar, Rabu (12/12/2018).

MAKASSAR, INFORONG – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II kembali menggelar operasi penertiban pajak kendaraan di Jalan Nusantara Makassar tepatnya di depan Pelabuhan Makassar, Rabu (12/12/2018).


Kepala UPT Pendapatan Wilayah II Makassar Utara, Nurlina, SH, MM, mengatakan, penertiban pajak ini berhasil memasukkan pajak kendaraan bermotor (PKB) ke kas daerah sebesar Rp 136.082.575. 


Nurlina menambahkan, PKB tersebut berasal dari pemasukan 72 unit kendaraan meliputi kendaraan roda dua sebanyak 40 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 32 unit.


Petugas Satlantas Polrestabes Makassar juga menilang 26 unit kendaraan yang terdiri dari kendaraan roda dua sebanyak 14 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 12 unit. 


Mereka ditilang karena berbagai penyebab antara lain tidak dapat memperlihatkan surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).


Petugas juga menemukan sebanyak 48 unit kendaraan yang menunggak pembayaran pajak kendaraan, yakni kendaraan roda dua sebanyak 21 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 27 unit.


Kasi Pendataan UPT Makassar II Utara Nurfiany SSTP MSi, menambahkan, penertiban ini didukung oleh Satlantas Polrestabes Makassar, Jasa Raharja Makassar, seluruh staf Samsat Makassar II, dan staf kantor Bapenda Sulsel.


Ia menambahkan, Samsat Makassar II akan kembali melakukan penertiban kendaraan dalam waktu dekat di lokasi yang telah ditentukan. Hanya saja ia tidak mau menyembutnya karena khawatir jalan tersebut akan dihindari pengguna jalan.


Penertiban pajak kendaraan ini dilakukan untuk mengingatkan pemilik kendaraan bermotor di Makassar dan Sulsel agar membayar PKB-nya tepat waktu, katanya.


Nurlina menambahkan, hingga saat ini Samsat se-Sulsel belum berpikir untuk melakukan pemutihan pajak kendaraan seperti yang terjadi di daerah lain.


“Jangan percaya isu pemutihan pajak, kalau pun ada itu bukan di Sulsel,” ujarnya.(*)



Penulis : Infomakassarrong