Kepala Bapenda Sulsel Drs H. Tautoto TR M.Si usai melayani seorang ojek online (ojol) yang membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di Samsat Makassar, Sabtu (22/12/2018).

MAKASSAR, INFORONG - Kepala Bapenda Sulsel Drs H. Tautoto TR M.Si memantau langsung proses pelayanan di samsat drive thru di Jl AP Petta Rani, Makassar, Sabtu (22/12/2018). 


Tautoto bahkan melayani langsung seorang ojek online (ojol) yang akan membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).


“Selamat siang Pak, terima kasih karena sudah mau membayar pajak. Ini jumlah yang harus Bapak bayar,” katanya diikuti senyum sambil memperlihatkan jumlah PKB yang harus dibayar ojol tersebut.


Ojol yang bernama Saddang Husain tersebut tak tahu kalau yang melayaninya adalah kepala bapenda bersama Sekretaris Bapenda Kemal Redindo Syahrul Putra dan Kabid Perencanaan Reza Faisal Saleh.


“Saya tidak tahu kalau beliau adalah kepala bapenda,” kata warga Jalan Rajawali I Makassar ini usai membayar pajak. Menurutnya, sekarang pembayaran PKB sudah sangat mudah. Di hari libur pun samsat tetap buka. Menurutnya ini sangat membantu ojol sepertinya.


Sementara iru, kepala bapenda mengatakan, untuk melayani wajib pajak, Bapenda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tetap beroperasi pada 22, 23, 24, 25, 29, dan 30 Desember 2018. Diketahui tanggal tersebut merupakan hari libur pada hari Sabtu, Minggu, dan hari raya Natal.


“Kami mengimbau kepada ASN Bapenda Sulsel yang tidak merayakan Natal agar tetap masuk kantor untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotornya,” ujar Toto. 


Ia menambahkan, meski tetap beroperasi, pelayanan di kantor samsat di Sulsel hanya setengah hari atau hingga pukul 13.00 Wita. Setelah itu ASN bisa pulang dan berkumpul kembali bersama keluarga di rumah.


Keputusan untuk membuka pelayanan pada hari libur tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada wajib pajak agar dapat memanfaatkan waktu libur untuk membayar pajak kendaraan.


“Sebenarnya kami telah mempunyai layanan mobile banking dengan Bank Sulselbar jadi wajib pajak bisa membayar pajak melalui ponsel, namun masih banyak masyarakat yang ingin membayar langsung di kantor samsat sehingga kami tetap beroperasi pada hari libur tersebut,” ujarnya. (*)



Penulis : Infomakassarrong